Jumat, 05 Agu 2022
  • Selamat Datang

Mengenal Jurusan yang ada di SMKN Pantai Baru, Rote Ndao

Mengenal Jurusan yang ada di SMKN Pantai Baru, Rote Ndao

 

 

Mengenal SMK Negeri Pantai Baru, sebagai Pusat Keunggulan SMK dengan pilihan jurusan yang sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

 

Saat dijumpai POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Selasa, 24 Mei 2022, Kepala Sekolah SMK Negeri Pantai Baru , Frederikus Lilik Suryatna, S.Pd mengatakan bahwa jurusan yang ada di sekolahnya terdiri dari 3 jurusan.

Dirincikan Kepsek Lili, pertama jurusan NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan). Jurusan ini dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana penunjang belajar. Sarpras ini penting sebagai alat pendukung utama proses belajar mengajar siswa.

 

“Seperti memiliki Bridge Simulator, Ruang Praktik Siswa (RPS) yang dilengkapi dengan alat-alat belajar,” ungkapnya.

 

Untuk alumni NKPI sendiri, dikatakan Kepsek Lili sudah tertampung ataupun menjadi tenang kerja di kapal-kapal luar negeri.

Kedua, Jurusan ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura). Dijelaskan Kepsek Lili, jurusan ATPH ini merupakan salah satu paket keahlian di SMKN Pantai Baru. Paket Keahlian ATPH terus menerus dan berkesinambungan memberi pembelajaran teori maupun praktik yang menciptakan suasana belajar yang mengasyikan, digandrungi peserta didik, dan memberi kesan mendalam bagi seluruh peserta didik.

 

 

“Kita mempunyai reproduksi yaitu pembuatan pupuk organik (Bokashi), dimana di Kabupaten Rote Ndao ini banyak petani-petani sayur maupun orang-orang yang hobi menanam tanaman hias, sehingga banyak yang pesan di sekolah kami,” ungkapnya.

Kepsek Lili juga mengungkapkan, objek agribisnis dapat berupa tumbuhan, hewan, ataupun organisme lainnya. Yang disebutnya, kegiatan budidaya dalam jurusan ATPH merupakan inti (core) agribisnis, produk budidaya (hasil panen) dimanfaatkan oleh pengelola sendiri. Pemanfaatan sendiri dapat berarti juga menjual atau menukar untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Ketiga, TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Menurut Kepsek Lili, jurusan ini bertujuan untuk mengenal dan mempelajari komponen hardware apa saja yang ada di dalam komputer, merakit komputer serta fokus mempelajari jaringan dasar.

Sambungnya, tidak hanya itu, selama tiga tahun belajar di TKJ, siswa akan belajar sistem kerja jaringan dan pemograman web serta mengadministrasi komputer jaringan.

“Siswa yang ada di jurusan TKJ, biasa kita praktekan atau PKL, setelah itu, bisa kita kirim ke media-media atau lembaga-lembaga pemberitaan atau dinas-dinas di Rote Ndao maupun di Kupang yang menampung anak-anak kerja kita,” kata Kepsek Lili.

 

sumber : Poskupang.com

 

KELUAR