Selasa, 30 Nov 2021
  • Tema Prestasi dapat menampilkan informasi dalam text berjalan

Kepala SMKN 1 Pantai Baru Melepas Puluhan Siswa yang Akan Melaksanakan PKL

Kepala SMKN 1 Pantai Baru Melepas Puluhan Siswa yang Akan Melaksanakan PKL

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pantai Baru, Kecamatan Pantai Baru,Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur,Frederikus L.Suryatna,S.Pd melepas puluhan siswa/i untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Kamis (30/9/2021).

Siswa tersebut terdiri dari 3 jurusan yang diturunkan untuk menempati sejumlah industri dan perkantoran di area Kabupaten Rote Ndao.

Suryatna mengatakan bahwa untuk meningkatkan kompetensi peserta didik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, perlu pembelajaran diluar satuan pendidikan formal maupun non formal melalui praktik kerja lapangan.

Apalagi, penyelenggaraan PKL diatur melalui Permendikbud 50 tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta Didik sehingga seluruh siswa di SMK Negeri 1 Pantai Baru diwajibkan harus mengikuti seluruh proses pembelajaran salah satunya adalah PKL.

Apabila ada siswa yang tidak mengikuti seluruh proses pembelajaran satu diantaranya praktek kerja lapangan maka dipastikan siswa tersebut dinyatakan tidak lulus dalam ujian kelulusan nanti.

“Jadi, PKL ini sangat penting karena saat ini PKL telah masuk dalam struktur kurikulum SMK maka seluruh siswa SMK diwajibkan mengikuti PKL tanpa terkecuali. Karena PKL merupakan salah satu syarat mutlak bagi siswa untuk lulus dari SMK,” kata Frederikus L. Suryatna, S.Pd , saat dikonfirmasi usai acara pelepasan, Kamis (30/9/2021).

PKL kata Suryatna sangat penting karena siswa harus mengikuti perkembangan teknologi di luar sekolah. Jadi sekolah harus bekerja sama atau bermitra dengan industri agar siswa itu bisa mengupdate ilmu pengetahuan tentang perkembangan industri yang ada diluar. Dan PKL adalah salah bagian dari program sistem ganda, kerja magang yang dilakukan oleh siswa SMK sebagai upaya untuk dilakukan link and match dengan dunia kerja.

Selain itu, Kepsek juga berpesan kepada siswa/i bahwa betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan, karena saat ini dunia termasuk Kabupaten Rote Ndao telah diperhadapkan dengan wabah covid-19 untuk itu siswa diharapkan agar tiba ditempat praktek selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Saya ingatkan sekali lagi kepada peserta PKL yang turun Praktek agar lebih utamakan Prokes,” ujarnya.

Sementara itu,Ketua Panitia PKL, Wilson Patty,S,Pt. menambahkan, bahwa pelajar SMK Negeri 1 Pantai Baru yang mengikuti PKL tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 28 siswa terdiri dari ATPH 3 siswa, NKPI 11, TKJ sebanyak 14 Siswa.

berasal dari tiga jurusan Yakni Jurusan Teknik Informatika (TKJ) berjumlah,14 Siswa,Jurusan Nautikan Penangkap Ikan (NKPI) 11 sebanyak dan Siswa Jurusan ATPH 3 Siswa , mereka melaksanakan PKL selama 2 Bulan yakni 1 Oktober 2021 hingga 30 November 2021
Sekedar diketahui, dalam acara pelepasan mahasiswa PKL SMK Negeri 1 Pantai Baru dihadiri oleh Kepala Sekolah, Frederikus L. Suryatna, S.Pd , Ketua Panitia PKL,Ketua Jurusan TKJ, dan juga para guru Jurusan masing-masing. (Hmssmkn1panbar)

Ekskul Lainnya

KELUAR